Membangun Intelektualitas Siswa Melalui Sidang Proposal Mini Riset - SMA Edu Global Bandung - Sekolah Bilingual dan Nasional Plus

Membangun Intelektualitas Siswa Melalui Sidang Proposal Mini Riset




Program mini riset merupakan salah satu program unggulan SMA Edu Global dengan pendekatan inovatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk memperluas wawasan, keterampilan, dan pemahaman siswa dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Dalam program ini, siswa diarahkan untuk melakukan penelitian kecil-kecilan atau eksperimen ilmiah yang terfokus, yang memungkinkan mereka untuk mendalami topik tertentu secara lebih mendalam.

Salah satu keuntungan utama dari program sekolah mini riset adalah memperkenalkan siswa pada metode ilmiah secara praktis. Mereka belajar untuk merancang eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis hasil, dan menyimpulkan temuan mereka sendiri. Proses ini tidak hanya mengembangkan keterampilan penelitian, tetapi juga meningkatkan kemampuan analisis kritis dan logika siswa.

Program ini dibuat semirip mungkin dengan proses penelitian di tingkat strata 1. Siswa akan memulai penelitiannya dengan mengajukan proposal penelitian yang terdiri dari Bab 1 yang berisi latar belakang penelitian, rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian. Lalu Bab 2 yang berisi landasan teori dan penelitian terdahulu dan Bab 3 yang berisi metode penelitian. Setelah karya tulis selesai dibuat, siswa akan mengikuti sidang proposal mini riset dengan cara mempresentasikan penelitian yang akan dilakukan kepada dua orang penguji dan dilanjutkan tanya jawab. Hasil dari sidang proposal mini riset yang berupa saran dan komentar dari para penguji akan dijadikan bahan revisi sebelum melanjutkan ke proses pengambilan data dan penulisan Bab 4 hingga Bab 5.

Sidang proposal mini riset juga dapat meningkatkan kolaborasi antara siswa dan guru. Guru dapat berperan sebagai pembimbing yang memberikan arahan dan dukungan kepada siswa dalam menjalankan penelitian mereka. Melalui interaksi yang intens ini, tercipta lingkungan belajar yang dinamis dan memberdayakan, di mana siswa merasa didukung untuk menjelajahi dan mengembangkan minat mereka.

Lebih lanjut, program mini riset juga membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi. Mereka belajar untuk berkomunikasi secara efektif dalam menyampaikan proposal penelitian mereka kepada rekan-rekan sejawat dan guru. Hal ini penting dalam mempersiapkan mereka untuk berpartisipasi dalam komunitas ilmiah dan profesional di masa depan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa program mini riset merupakan sarana yang efektif untuk membentuk intelektualitas siswa. Melalui program ini, siswa tidak hanya belajar tentang ilmu pengetahuan secara teoretis, tetapi juga mendapatkan pengalaman praktis dalam melakukan penelitian. Dengan dukungan dari guru dan lingkungan belajar yang merangsang, program ini dapat menjadi landasan yang kuat dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan dan menjadi pemimpin inovatif dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.




created by Ms. Salma Choerunnisa, S.Pd.

Please write your comments

Join EGS to become a great future leader.