SMA Edu Global Bandung Kirim 37 Siswa Mengikuti OSN-K Tingkat Kota Bandung - SMA Edu Global Bandung - Sekolah Bilingual dan Nasional Plus

SMA Edu Global Bandung Kirim 37 Siswa Mengikuti OSN-K Tingkat Kota Bandung



37 siswa/i SMA Edu Global Bandung mengikuti OSN-K tingkat Kota Bandung pada tanggal 26 - 27 Maret 2024. Siswa tersebut merupakan proses seleksi guru-guru mata pelajaran di bidang sains yang diujikan. Penjaringan para siswa terdaftar itu juga dilakukan secara adil. Tentunya dengan melihat kemauan dan kemampuan para siswa. Sehingga nantinya pun mereka dapat melanjutkan ketingkat provinsi. Siswa terbaik di tingkat provinsi tentunya berhak mengikuti OSN tingkat Nasional

Selain berhak mengikuti tingkat selanjutnya, mengutip buku Pedoman Olimpiade Sains Nasional 2024 (2023), pemerintah kini mulai memberikan perhatian serius terhadap siswa berprestasi di berbagai bidangnya. Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir belajar atau karir profesionalnya, seperti beasiswa atau pembinaan lanjut untuk mencapai prestasi maksimal.

Siswa yang berhasil mencapai tingkat nasional pastinya adalah siswa berprestasi dan berintegritas sesuai dengan tema OSN tahun 2024 dengan tagar #berprestasidanberintegritas. Dia adalah siswa yang menginspirasi dan melejitkan potensi diri di bidang sains dengan tetap menjaga kejujuran dan integritas. 

Olimpiade Sains Nasional atau yang biasa kita dengar dengan singkatan OSN adalah penyelenggaraan ajang talenta oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) khusus di bidang riset dan inovasi. OSN rutin digelar setiap tahun untuk berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

OSN SMA yang diikuti oleh siswa/i SMA Edu Global Bandung harus bersaing ketat dengan para siswa SMA/MA/Sederajat dari seluruh Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), baik sekolah negeri maupun swasta, dan mereka harus mampu mencerminkan dan menerapkan asas dan prinsip yang sesuai dengan tujuan pendidikan, yang mencakup nilai, norma, asas, dan prinsip. 

Selanjutnya, para siswa SMA Edu Global Bandung menguji talenta mereka dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dalam kelompok bidang Riset dan Inovasi, melalui cabang kompetensi seperti, Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Mekanisme bertingkat tersebut diharapkan memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia, khususnya di SMA Edu Global Bandung untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

Sebut saja, pada penyelenggaraan OSN 2023 talenta berprestasi muncul di cabang Ekonomi. Bukan hanya lolos di tingkat Kota/Kabupaten dan Provinsi, melainkan menjadi peserta didik yang berhasil lolos sebagai peserta OSN SMA mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional. Dengan bimbingan dan dukungan guru Ekonomi, Fauziah N Salsabila, S.Pd,. Diana Sintya Maharani melaju dengan penuh percaya diri ke tingkat Nasional. Ada Roqib M. Ramadhan yang berhasil berkompotensi di OSN Tingkat Provinsi di cabang Astronomi di tahun yang sama. 

Dengan diselenggarakannya kembali OSN 2024, diharapkan juga muncul talenta-talenta lainnya menyusul keberhasilan kakak tingkatnya di tahun 2023. Semoga upaya-upaya yang mereka lakukan melalui berbagai kompetisi baik kota, provinsi maupun nasional diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Ajang olimpiade dan perlombaan lain juga menjadi bagian terpenting dalam melihat sejauh mana mereka dapat memaksimalkan potensi diri serta memiliki talenta dan karakter. Ini pun menjadi sebuah strategi penting untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMA Edu Global Bandung. Serta merupakan pencapaian prestasi maksimal jika siswa/i SMA Edu Global melahirkan juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional. 

Akhirnya, dengan mengucap bismillah dan selamat mempersiapkan diri, belajar, berlatih, dan bekerja sebaik-baiknya agar ajang Olimpiade Sains Nasional Tahun 2024 dapat terlaksana sesuai rencana dan memberikan hasil maksimal bagi 37 peserta di SMA Edu Global Bandung.




created by Mr. Hadi Subari, S. ST.

Please write your comments

Join EGS to become a great future leader.