Membuka Pintu Kreativitas dan Pengetahuan : Menyelami Kepenulisan Mini Riset untuk Kelas 11 - SMA Edu Global Bandung - Sekolah Bilingual dan Nasional Plus

Membuka Pintu Kreativitas dan Pengetahuan : Menyelami Kepenulisan Mini Riset untuk Kelas 11


Di dunia pendidikan saat ini, kegiatan penelitian tidak lagi hanya terbatas pada lingkup perguruan tinggi atau lembaga penelitian. SMA Edu Global melalui kolaborasi Proyek P5 Kelas 11 memperkenalkan siswa pada praktik kepenulisan mini riset sebagai bagian integral dari kurikulum. Salah satu tahap yang menarik dan mendalam dari proses ini adalah ketika siswa kelas 11 terlibat dalam menyusun dan menyajikan mini riset mereka.

Kepenulisan mini riset memberikan kesempatan bagi siswa kelas 11 SMA Edu Global Bandung untuk memahami secara lebih mendalam suatu topik tertentu yang menarik minat mereka. Ini juga merupakan kesempatan bagi mereka untuk mengasah keterampilan penelitian, analisis kritis, serta kemampuan komunikasi dan presentasi.

Siswa-siswa kelas 11 dipilih untuk menanamkan keterampilan penelitian karena, siswa sudah memiliki dasar yang cukup kuat dalam berbagai mata pelajaran. Ini adalah titik di mana mereka dapat diperkenalkan pada konsep-konsep penelitian yang lebih mendalam dan diberi kesempatan untuk menerapkannya dalam praktek.

Pada workshop yang berlangsung pada Jumat, 22 Maret 2024, Ega Fausta, M.si., sebagai pemateri workshop memberikan 6 langkah mudah bagi siswa dalam proses kepenulisan mini riset diataranya

1. Pemilihan Topik: Siswa diberi kebebasan untuk memilih topik yang menarik bagi mereka, tetapi juga relevan dalam konteks pembelajaran mereka. Ini memungkinkan mereka untuk terlibat secara lebih mendalam dalam penelitian karena minat yang kuat pada topik yang dipilih.

2. Perencanaan Riset: Siswa kemudian merencanakan riset mereka, termasuk merumuskan pertanyaan penelitian, menentukan metode penelitian yang sesuai, dan mengidentifikasi sumber daya yang diperlukan.

3. Pengumpulan Data: Tahap selanjutnya adalah pengumpulan data, di mana siswa mencari informasi dari berbagai sumber yang relevan, seperti buku, artikel jurnal, wawancara dengan pakar, atau penelitian lapangan.

4. Analisis Data: Setelah data terkumpul, siswa menganalisis informasi yang mereka dapatkan untuk menemukan pola, tren, atau hubungan yang relevan dengan topik penelitian mereka.

5. Penyusunan Laporan Riset: Siswa menyusun laporan riset yang mencakup pengantar, metodologi, temuan, dan kesimpulan. Ini merupakan tahap di mana kemampuan menulis akademis mereka diuji.

6. Presentasi: Akhirnya, siswa mempresentasikan hasil riset mereka kepada kelas atau panel penilai. Ini adalah kesempatan bagi mereka untuk berbagi pengetahuan yang mereka peroleh dan meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.

Workshop kepenulisan mini riset ini  merupakan pengalaman yang bermanfaat bagi siswa kelas 11, karena tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka tentang suatu topik, tetapi juga membantu mereka mengembangkan berbagai keterampilan yang akan berguna dalam pendidikan dan karier mereka di masa depan. Ini adalah langkah yang penting dalam membuka pintu kreativitas, pengetahuan, dan pemahaman mendalam tentang dunia di sekitar mereka.


Oleh : Dwinur B. Solihat, S. Pd


Please write your comments

Join EGS to become a great future leader.