Kembangkan Potensi, Warisan Masa Lampau Lestari - Gelar Karya P5 Kelas 10 SMA Edu Global Bandung - SMA Edu Global Bandung - Sekolah Bilingual dan Nasional Plus

Kembangkan Potensi, Warisan Masa Lampau Lestari - Gelar Karya P5 Kelas 10 SMA Edu Global Bandung


SMA Edu Global Bandung berhasil menyelenggarakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi sebuah gelar karya yang mampu mengembangkan potensi dalam diri siswa. Dengan mengambil tema utama Kearifan Lokal, SMA Edu Global mengusung tajuk acara Warisan Masa Lampau. Melalui tajuk acara yang terpilih, siswa siswi kelas 10 diminta untuk mengenali, menggali, mempelajari dan mengembangkan warisan masa lampau yang dimiliki Indonesia.

Selama proses mempersiapkan gelar karyanya, SMA Edu Global menerapkan sistem demokratis dengan metode student center sehingga setiap siswa memiliki ruang untuk menuangkan ide dan gagasannya dengan leluasa. Siswa berdiskusi untuk menentukan jenis karya yang akan ditampilkan, membagi peran, menentukan jadwal latihan, membuat rencana anggaran, serta membuat strategi pemenuhan anggaran melalui sponsorship. Hal – hal yang telah disepakati diantara siswa kemudian dipresentasikan kepada fasilitator untuk diberikan umpan balik. 


Gagasan yang telah disempurnakan dengan beberapa umpan balik dari fasilitator kemudian dibentuk menjadi karya seni pertunjukan dan karya seni pameran. Siswa bekerjasama dengan mencurahkan usaha terbaiknya agar mampu membuat dan menampilkan karya original dari masing – masing kelas. Aktivitas ini mampu memaksimalkan kreativitas siswa menjadi lebih inovatif.



Proses mencipta karya seni tersebut pun memecut siswa menjadi lebih kolaboratif dengan teman – temannya, melatih kemampuan mengomunikasikan gagasan, serta menjadi tempat bagi siswa melatih leadership  karena siswa belajar untuk mengarahkan teman – temannya untuk membentuk keselarasan yang harmonis dalam membentuk karya seni yang diinginkan. 



Setelah mencurahkan usaha terbaiknya, setiap kelas pun berhasil menampilkan pagelaran karya dengan spektakuler. Kelas 10 A yang mengusung wilayah Jawa Barat sukses menampilkan legenda Situ Bagendit yang dikemas ke dalam bentuk pertunjukan kabaret. Kabaret disuguhkan dengan sentuhan modern serta diselingi oleh cerita tambahan dan juga tarian modern yang memberikan rasa segar di dalam pertunjukan.  



Bali menjadi wilayah yang dipilih oleh kelas 10 B untuk diangkat kearifan lokalnya. Kelas 10 B mengangkat legenda Calon Arang dalam bentuk pertunjukan kabaret. Kesan magis dari Calon Arang mampu ditunjukan oleh kelas 10 B dengan sangat apik. Seni peran yang disuguhkan sukes menyihir penonton terbawa oleh alur cerita.



Kelas 10 C menampilkan kabaret berjudul Patah Tumbuah Hilang Baganti yang merupakan melodrama original yang ditulis oleh siswa 10 C mengenai kisah Ainun dan keluarganya dalam menyikapi sistem matrilineal. Kabaret ini sarat akan makna yang menyiratkan pentingnya menjaga warisan budaya serta keharmonisan keluarga. Pertunjukan juga diselingi oleh tari piring dan tari payung khas Sumatera Barat.



Berbeda dengan kelas lainnya, 10 D memilih untuk menampilkan musikalisasi puisi yang diiringi oleh live music. Puisi yang dibawakan berisi tentang kerinduan terhadap kampung halaman. Pembacaan puisi dibawakan dengan penuh penghayatan serta instrumen yang dimainkan mampu membuat suasana menjadi lebih hidup. Selain itu 10 D juga menampilkan tarian paris berantai dengan sangat baik.




Berkat kesungguhan yang diberikan oleh siswa – siswi kelas 10 SMA Edu Global Bandung, acara ini tak hanya sebatas menjadi gelar karya seni semata tetapi berhasil menjadi wadah ideal untuk melestarikan warisan masa lampu yang mampu memaksimalkan serta mengoptimalkan potensi, kreativitas, kolaborasi dan komunikasi siswa.

Created by: Tasya Amalia Dwiharyani, S.Pd.

















    









Please write your comments

Join EGS to become a great future leader.