Membangun Fondasi Kepemimpinan dan Organisasi Melalui Program LDKO di SMA Edu Global bandung - SMA Edu Global Bandung - Sekolah Bilingual dan Nasional Plus

Welcome to

SMA Edu Global Bandung

Smart | Righteous | Talented

Membangun Fondasi Kepemimpinan dan Organisasi Melalui Program LDKO di SMA Edu Global bandung


Sekolah Menengah Atas (SMA) tidak hanya menjadi tempat untuk memperoleh pengetahuan akademis, tetapi juga untuk membentuk keterampilan kepemimpinan di dalam suatu organisasi. Salah satu cara yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi yang diadakan di sekolah. Di SMA Edu Global Bandung, kegiatan LDKO diadakan setiap tahun. Pada tahun ini, LDKO di SMA Edu Global Bandung dilaksanakan pada tanggal 21 – 24 November 2023 dengan mengangkat tema “Developing Leadership and Organizational Capabilities in Z Generation” yang bertempat di gedung eduplex lantai 2. 

Dengan diadakannya LDKO diharapkan peserta didik SMA Edu Global Bandung mampu mengembangkan potensinya secara optimal dan terpadu dalam berorganisasi serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan, melatih serta mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang kesekretariatan dan keuangan, memberikan pengalaman kepada peserta didik dalam pembuatan AD ART dan program kerja, mengembangkan sikap tanggung jawab, dan menyiapkan peserta didik agar menjadi masyarakat yang berakhlak mulia, kreatif, inovatof, demokratis, serta menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani.

Guna mewujudkan tujuan tersebut, pada kegiatan LDKO tahun ini diisi dengan pemateriaan dari pemateri yang berkompeten di bidangnya dan dilanjutkan dengan kegiatan FGD (Focus Group Discussion) tenatang AD ART dan program kerja. Pematerian yang disajikan diantaranya tentang Leadership and Protocol yang diisi oleh Muhammad Jafar Maulana, M.Pd. dari Resimen Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Public Speaking and Team Building yang diisi oleh Puri Arta Widhiasi, M.Si Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat di SMA Edu Global Bandung, dan A. Haris Muhtar, S.Si Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum di SMA Edu Global Bandung.

Hari pertama kegiatan LDKO diisi dengan pembukaan yang dibuka langsung oleh kepala SMA Edu Global Bandung yaitu Elih Nurcahyani, S.Si., M.B.A. yang kemudian dilanjutkan dengan pematerian tentang Leadership and Protocol. Melalui pematerian ini diharapkan peserta LDKO dapat mengembangkan potensinya didalam organisasi serta menumbuhkan jiwa kepemimpinannya. Hari kedua diisi dengan pematerian mengenai Publik Speaking and Team Building, dengan pematerian ini diharapkan peserta LDKO memiliki percaya diri dalam berbicara khususnya didepan umum serta mengetahui etika-etika dalam berbicara. Selain itu, melalui pematerian ini juga diharapkan dapat membangun kerjasama antar peserta yang diasah melalui permainan estafet karet menggunakan sedotan. Pada hari ketiga, diawali dengan pematerian tentang kesekretariatan dan keuangan. Melalui pematerian ini diharapkan peserta LDKO mampu mengetahui terkait dengan fungsi kesekretariatan dan keuangan dalam suatu organisasi. Setiap hari setelah selesai pematerian dilanjutkan dengan agenda FGD. Topik FGD hari pertama yaitu tentang AD ART dimaksudkan untuk memusyawarahkan AD ART yang akan digunakan untuk menjalankan setiap organisasi. Pada hari kedua dan ketiga topik FGD yaitu program kerja, pada sesi ini peserta LDKO dikelompokkan sesuai dengan divisinya di organisasi lalu diinstruksikan untuk merancang program kerja dan anggaran biayanya. Pada hari keempat atau hari terakhir pelaksanaan LDKO diisi dengan agenda sharing alumni dan dilanjutkan dengan peninjauan program kerja dan anggaran biayanya oleh Steering Comittee dan pembina organisasi masing-masing. Setelah selesai sesi peninjauan, dilanjutkan dengan agenda penutupan LDKO. 

Kegiatan LDKO diikuti oleh calon pengurus MPK (Majelis Perwakilan Kelas), Student Government (OSIS), dan calon pengurus DKM Daarul ‘Ilmi. Total jumlah peserta LDKO di SMA Edu Global Bandung sebanyak 55 peserta didik. Peserta LDKO dari MPK sebanyak 8 orang yang di ketuai oleh Keisha Azkia Laila Kalingga dari kelas 11 B. Jumlah peserta dari organisasi Student Government (OSIS) sebanyak 30 peserta didik yang di ketuai oleh Keysha Adjani Sakhi dari kelas 10 B. Sementara untuk DKM Daarul ‘Ilmu berjumlah 17 peserta didik dengan ketuanya yaitu Emir Tsaqif Muntasir Jibril dari kelas 10 A. Ketua Student Government dan DKM Daarul ‘Ilmi merupakan kandidat yang menang dalam pemilu yang telah dilaksanakan sebelumnya. Sedangkan, calon pengurus Student Government dan DKM Daarul ‘Ilmi mengikuti tes terlebih dahulu yang dilaksanakan oleh ketua dan wakil terpilih. Hasil seleksi tersebut selanjutnya menjadi bahan pertimbangan pembina Student Government, DKM Daarul ‘Ilmi, serta tim dari wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dalam menentukan siapa yang pantas menjadi calon pengurus organisasi. Sementara itu, untuk calon pengurus MPK dipilih langsung oleh tim wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

Dengan mengakhiri program ini, SMA Edu Global Bandung berusaha menciptakan generasi pemimpin masa depan yang tidak hanya memiliki keunggulan akademis tetapi juga keterampilan kepemimpinan yang solid dan kesiapan untuk berkolaborasi. Program Latihan Dasar Kepemimpinan dan Organisasi ini memberikan landasan yang kokoh bagi peserta didik untuk berkembang sebagai individu yang tangguh, mampu menghadapi tantangan, dan membawa perubahan positif dalam masyarakat mereka.

created by Ihsan Khoirul Anam, M.Pd.
Please write your comments

Join EGS to become a great future leader. Now!